Sunday, March 3, 2013

Blog Branding: Nama Boleh Sama, tapi Rasa Pasti Beda

brand/nama blog.
Sebuah blog yang mulai menanjak acapkali dibarengi dengan peningkatan popularitas brand blog. Sebagaimana yang sudah kita lihat, ada banyak sekali blog yang kental dengan sebutan-sebutan. Sebut saja ProBlogger, milik Darren Rowse, BloggerTipandTrick milik Lasantha Bandara, MyBloggerTricks, milik Ahmedzai, Way2Blogging milik Harish, termasuk juga diantaranya adalah Buka Rahasia, yang acapkali juga disebut sebagai Buka Rahasia Blogspot.

Melihat fenomena branding tersebut, seringkali newbie blogger melihatnya sebagai alat popularitas mutlak, sehingga, sebagai jalan pintas, biasanya mereka akan meniru nama-nama brand tersebut sedemikian rupa, untuk dua keuntungan:
1. Sebagai Brand pengecoh, dengan harapan pengunjung akan terkecoh dengan brand yang mirip atau sama, sehingga mereka merasa telah masuk ke blog rujukan yang dimaksudkan, meskipun sebenarnya tidak sama sekali.
2. Untuk memperkuat persaingan search engine dengan mencatut nama brand blog sebagai keyword, dengan harapan pengunjung Google akan terkecoh dan tertarik pula ketika mereka mencari dengan keyword brand sebuah blog.

Akan tetapi, itu akan sia-sia saja. Sebab, sebuah brand, bagaimanapun dan seumum apapun kata-kata yang terbentuk, pasti hanya akan melekat erat pada satu website atau blog yang dinaunginya. Meskipun desain dan bahkan konten dibuat semirip apapun, tetap ada perbedaan. Apa perbedaan itu? Bukan desain, bukan konten, bukan tulisan, namun orang di balik brand tersebut. Orang inilah yang membuat brand itu tetap unik, sebab pemikiran, ide, gaya bicara, gaya menulis, gaya komunikasi, dan solusi yang ada di kepala orang tersebut tidak dapat ditiru. Kualitas orang di balik sebuah brand-lah yang sangat penting, sebab itu menentukan kualitas seluruh isi blognya. Ini juga berlaku bagi produk, nama band, jasa, perusahaan, komunitas, organisasi, dan apapun itu yang menciptakan sekaligus brand. Jadi, berusahalah untuk membuat brand blog pribadi yang melekat pada blog anda, bukan meniru. Kesuksesan ada di tangan anda. Bukan di tangan orang lain.

3 comments: