Saturday, March 16, 2013

Cara Meningkatkan Trafffic Blog dengan Cepat

Traffic adalah "sumber kehidupan blog" dan menjadi salah satu parameter keberhasilan blog dalam menyampaikan berbagai artikel, ulasan, solusi, dan berbagai jenis konten lainnya kepada pengunjung/visitor. Oleh karena itu menaikkan traffic blog menjadi sebuah keharusan bagi pemilik blog (blogger) yang ingin mendapatkan visibilitas, popularitas, dan pendapatan melalui blog. Kali ini, buka rahasia blogger akan menyampaikan beberapa tips dan strategi meningkatkan traffic yang semoga dapat menjadi masukan praktis bagi sobat buka rahasia yang ingin mendapatkan traffic signifikan.


Strategi Meningkatkan Traffic


Mengapa disebut strategi? Sebab usaha menaikkan traffic blog/web tidak lepas dari bagaimana sobat buka rahasia menggalang visitor ke blog. Tanpa strategi dan jika hanya mengandalkan serta mempraktekkan secara mentah maka upaya peningkatan traffic ini tidak akan berhasil. Sebuah cara akan sangat mungkin berhasil untuk suatu blog, tapi akan sangat mungkin pula gagal apabila diterapkan pada blog lainnya. Kondisi, jenis konten, struktur, dan beberapa hal lainnya memiliki perbedaan signifikan pada masing-masing blog, sehingga dibutuhkan pendekatan strategi yang berbeda.

Oleh karena itu, anda harus menerapkan strategi-strategi khusus sesuai dengan kondisi blog yang unik. Tips dan cara berikut saya harap tidak ditelan mentah-mentah, namun dicerna dan kemudian disesuaikan dengan strategi khusus sesuai dengan kondisi blog sobat buka rahasia semua.

Tips Meningkatkan Traffic dan Pageview Blog


1. Bertandang ke blog-blog lain akan memperkenalkan diri anda pada banyak blogger lain dan menarik traffic ke blog. 
Sebagai salah satu pertanda, anda dapat meninggalkan komentar pada sebuah artikel, namun perhatikan kualitas komentar sobat buka rahasia semua. Pastikan komentar anda berisi, sesuai konteks, dan menunjukkan siapa diri anda. Saya sering sekali mendapati komentar blogwalking yang sama sekali tidak berkualitas, omong kosong, dan tidak berisi sama sekali. Ini justru tidak efektif, tidak memperlihatkan diri dan isi blog anda. Kemungkinan blogger lain bertandang ke blog anda karena rasa tertarik dipicu oleh kualitas komentar. Jangan meninggalkan link atau promosi blog di isi komentar, komentar anda sudah cukup menjadi alat promosi.

2. Manfaatkan social bookmark sebagai alat penarik traffic dan bukan sekedar untuk link building
Social bookmark dikenal sebagai alat pencipta backlink, namun kemudian disalahartikan sekedar untuk itu saja. Padahal, jika ditulis dan didaftarkan dengan benar, social bookmarking bisa menjadi alat penarik traffic. Buat judul dan deksripsi yang tidak asal comot dari artikel asli di blog anda. Tapi ramu kembali dengan judul yang variatif, isi deskripsi harus berbeda dengan konten. Tulis deskripsi kembali yang menggambarkan isi post anda dan upayakan isinya dapat merayu pengunjung untuk mengunjungi blog. Ada banyak social bookmark indonesia yang cukup berkualitas dan memiliki banyak pengunjung sehingga dapat digunakan untuk meraih traffic secara signifikan.

3. Maksimalkan penggunaan social media
Social media kini menjadi alat penggalang nomer 2 setelah search engine Google. Maksimalkan penggunaan widget sharing seperti facebook like, tweet, dan Google +1, beri sarana bagi pengunjung blog anda untuk melakukan sharing ke social media secara mudah. Share post anda secara berkala ke social media. Buat Facebook Page, Google+ Page, akun Twitter untuk blog. dll.

Di atas adalah poin inti dari menggalang dan meningkatkan traffic blog. Ke depan buka rahasia blogger akan membahas bagian keduanya.

No comments:

Post a Comment